Kamis, 22 Desember 2016

Mutiara yang Tersimpan di Kota 1001 Goa (Feature Perjalanan)


            Pacitan merupakan salah satu kota yang berada di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kota yang terletak di ujung barat daya Provinsi Jawa Timur, berjarak 270 km dari kota Surabaya atau 100 km dari Solo. Pacitan memiliki luas 1.389. 87 km2 . Wilayahnya berbatasan dengan Kabupaten Ponorogo di utara, Kabupaten Trenggalek di timur, Samudra Hindia di selatan, serta Kabupaten Wonogiri (Jawa Tengah) di barat.
            Pacitan sendiri memiliki julukan kota 1001 Goa, karena memang ada banyak sekali goa di Pacitan yang menarik untuk kita kunjungi. Goa terindah se-Asia Tenggara ada di Pacitan salah satunya yaitu Goa Gong. Saat ini Pacitan sudah banyak diketahui masyarakat luas terutama para traveller asing maupun lokal untuk mengunjungi berbagai objek wisata menarik. Keindahan Pacitan sendiri lebih lengkap dengan pemandangan pegunungan dan beragamnya objek wisata populer yaitu pantai yang sangat menarik untuk dikunjungi.
            Disepanjang perjalanan menuju kabupaten Pacitan, dikelilingi oleh pegunungan dan jalan yang berkelok-kelok sehingga memicu adrenalin tersendiri tetapi sangat puas karena melihat suguhan alam yang benar-benar masih dijaga keasriannya dan memberikan kesejukan disepanjang perjalanan. Sawah-sawah nan hijau juga berhamparan di sepanjang perjalanan ini. Terlihat berbagai aktivitas masyarakat disini yang mayoritasnya sebagai petani begitu menikmati pekerjaan mereka. Pemandangan yang disuguhkan membuat damai dan sejuk di hati. Tikungan-tikungan tajam juga menjadi ciri khas daerah ini, jika tidak hati-hati mengendarai kendaraan bisa terjatuh ke jurang.
            Kota kecil dengan beragam etnik kebudayaan membuat kota ini memiliki keunikan sendiri. Kota yang dulu belum banyak diketahui oleh masyarakat luas kini menjadi salah satu kota yang layak untuk diperhitungkan di Provinsi Jawa Timur, bahkan di Indonesia. Panorama keindahan Pacitan ini patut diacungi jempol. Kota nan kecil ini memiliki tempat wisata yang banyak. Tempat-tempat bersejarah yang merupakan peninggalan para pahlawan pada jaman penjajahan dijadikan museum bersejarah.
            Pacitan sangat terkenal dengan keindahan pantai yang saat ini sudah banyak dijadikan destinasi wisata. Salah satunya Pantai klayar yang saat ini sedang populer bagi pecinta pantai. Jika datang ke Pacitan rasanya belum lengkap jika belum mengunjungi pantai ini. Lokasi pantai Klayar berada di Kecamatan Donorojo, sekitar 45 menit dari kota Pacitan. Pantai Klayar terkenal dengan sebutan “seruling laut” disinilah keunikan pantai tersebut karena tidak akan kita temukan di pantai-pantai lainnya. Seruling laut ini berasal dari batu karang besar yang memiliki celah. Setiap kali ombak besar datang, celah karang itu memancarkan air ke atas dan menimbulkan bunyi siulan. Pantai klayar ini memiliki ombak yang cukup besar dan terdapat karang raksasa yang mirip Sphinx. Masih banyak sekali pantai yang terdapat di Pacitan antara lain Pantai Srau, Pantai Watu Karung, Pantai Banyu Tibo, Pantai Teleng Ria, Pantai Pidakan, Pantai Soge, Pantai Buyutan, Pantai Karang Bolong, Pantai Seruni, Pantai Tawang, Pantai Kali Uluh, Pantai Taman yang juga dengan populer saat ini, dan Pantai Kunir.
            Selain objek wisata pantai dengan keindahan pemandangan yang dimiliki, Pacitan juga terkenal dengan objek wisata yang tidak kalah populer dan cocok dijadikan salah satu destinasi wisata yaitu Goa. Seperti sebutan Kota 1001 Goa, salah satunya adalah Goa Gong yang berada di Desa Bromo, Kecamatan Punung. Dengan kedalaman sekitar 700-800 meter, goa ini memiliki 7 ruangan besar yang memiliki keunikannya masing-masing. Keunikan tersebut ditandai dengan terdapatnya Sendang Bidadari yang airnya sangat jernih, dan di ruangan lain terdapat batu unik yang jika ditabuh akan mengeluarkan bunyi seperti Gong. Keberadaan batu inilah yang konon menjadi dasar penamaan goa ini. Keindahan goa Gong ini salah satunya adalah di dalam goa sudah terpasang lampu temaram yang menciptakan warna-warna cantik di dinding goa. Jalan setapak juga sudah dibangun, lengkap dengan pagar pembatas agar pengunjung tidak sembarangan menginjak bagian goa. Selain Goa Gong terdapat juga Goa Tabuhan, Goa Luweng Jaran, dan Goa Song Terus
            Masih banyak keindahan dan tempat-tempat wisata menarik yang dimiliki kota 1001 goa ini. Setiap tempat wisata memiliki sejarah-sejarah yang unik. Pacitan juga memiliki objek wisata sejarah Monumen Jendral Sudirman yang berada di Pakis Baru, Kecamatan Nawangan. Keunikan meonumen ini tersendiri adalah memiliki 70 anak tangga (17+8+45) yang memiliki arti 17 Agustus 1945.
Kota yang masih terlihat asri ini sangat cocok dijadikan sebagai salah satu kota yang wajib untuk dikunjungi.

            Kota kelahiran salah satu mantan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono masih kental dengan budaya adat dan istiadatnya. Terlihat masyarakat disana masih menjunjung tinggi nilai-nilai budaya yang sudah menjadi tradisi terdahulu. Tradisi masyarakat yang saling tolong-menolong dan terkenal ramah. Karena inilah Pacitan yang tetap ingin menjadikan Kota Wisata yang Berbudaya dan saya bangga menjadi salah satu seorang anak yang berasal dari Pacitan, Jawa Timur.

(Oleh MIranda Larasati)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar